8 Sistem Organ Manusia dan Fungsinya

Dalam biologi, sistem organ adalah sekelompok organ yang bekerja sama untuk satu tujuan. Semua mamalia, termasuk manusia, memiliki delapan sistem organ yang sama dalam hal fungsi sebagai berikut:

  1. Fungsi dari sistem organ ini adalah untuk mengubah nutrisi penting dalam makanan menjadi bentuk yang dapat diserap tubuh. Penyerapan dibantu cairan yang dikeluarkan pankreas dan hati, yang membantu dalam pemecahan karbohidrat dan lemak.satu tujuan, saluran udara, sumsum tulang belakang
  1. Sistem ini memungkinkan tubuh untuk menyerap oksigen – yang diperlukan untuk mengekstrak energi makanan – dan untuk mengusir karbondioksida, yang merupakan produk sampingan proses ini yang seharusnya tidak mencapai tingkat beracun, terdiri dari paru-paru dan saluran udara.

satu tujuan, saluran udara, sumsum tulang belakang

  1. Sistem peredaran darah, mempunyai fungsi yang bertanggung jawab untuk mengangkut nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh yang membutuhkan, dan untuk melindungi tubuh terhadap organisme penyebab penyakit. Organ-organ kardiovaskular adalah pembuluh jantung, dan darah. Sistem limfatik melibatkan kelenjar seperti limpa dan timus, yang menghasilkan sel yang disebut limfosit yang dilepaskan ke dalam aliran darah dan menghancurkan organisme berbahaya.
  1. Sistem urin, yang terdiri dari ginjal, kandung kemih, dan tabung penghubung, menyediakan sarana untuk menghapus zat toksin.satu tujuan, saluran udara, sumsum tulang belakang
  1. Sistem saraf, terdiri dari otak, sumsum tulang belakang, saraf dan organ-organ indera. Fungsinya ada dua:
  1. Memungkinkan rangsangan eksternal, seperti pemandangan, suara, bau dan sensasi yang ingin disampaikan dari organ indra ke otak, dimana mereka ditafsirkan.
  2. Memungkinkan sinyal yang akan dikirim dari otak, melalui sumsum tulang belakang dan saraf, otot-otot, menyebabkan mereka untuk bergerak seperti yang diarahkan.
  1. Sistem otot, melibatkan tiga macam otot: kerangka, jantung dan otot polos.
  1. Sistem Reproduksi. Organ berbeda antara pria dan wanita. Pada pria, yang utama adalah testis, prostat dan penis sedangkan pada wanita, organ-organ utama adalah ovarium, rahim dan vagina. Sistem ini berkaitan dengan produksi berbagai hormon yang mempertahankan kimia tubuh dan mempengaruhi banyak fungsi tubuh.
  1. Sistem integument adalah lebih dikenal sebagai kulit, rambut dan kuku.

Secara garis besar, pada burung dan reptil yang tidak berbeda dari mamalia dalam hal fungsi.