7 Pertanyaan Seputar Bayi

1. Apakah bayi saya normal? Seperti apa sih ciri-ciri bayi normal itu? Bayi bisa dikatakan normal jika lengan dan tungkai kaki bergerak aktif, tangan mengepal dan menekuk di siku, tungkai setengah tekuk di sendi paha dan lutut.
2. Ciri bayi lapar dan haus seperti apa? Bisa kita lihat dari bibir dan mulutnya yang kering. Kalau diberi minum terlihat nafsu sekali dan bisa minum banyak. Begitu juga kalau bayi lapar, terlihat rakus saat diberi makan, juga rewel.
3. Saat tidur, bayi saya selalu berkeringat, normalkah? Bayi tidur berkeringat normal, sebab proses pertumbuhan badannya terjadi pada saat tidur.
4. Bayi saya kok enggak rewel dan jarang menangis ya, normalkah? Kalau bayi anteng, coba ukur BB-nya dan bandingkan dengan kurva BB ideal. Pasifnya bayi bisa dikarenakan kurang gizi dan saat itu otak tidak tumbuh secara optimal. Biasanya anak yang kurang gizi dan pasif seperti ini disertai penyakit anemia dan sakit lainnya.
5. Bolehkah bayi selalu mengenakan pospak (popok sekali pakai)? Pospak sesuai fungsinya, sebaiknya dikenakan saat diperlukan, semisal ketika bepergian karena bayi perlu diperkenalkan dengan proses BAB dan BAK, seperti halnya makan dan minum.
6. Bagaimana cara memberikan stimulasi pada bayi? Untuk pendengaran dan penglihatan agar diperdengarkan dan diperlihatkan suara-suara dan adegan yang baik.
7. Apa sih ciri-ciri bayi yang sedang sakit? Bayi sakit pasti tidak gembira seperti biasanya.