7 Cara Mudah Merawat Bayi

Ada cairan putih di tali pusat yang masih basah. Jangan taburi apa pun.

  1. Matanya lengket. Bersihkan matanya dengan kapas yang dibasahi air matang dari arah hidung ke telinga.
  1. Mulutnya berbau kurang sedap. Agar kesehatan gigi dan mulutnya terjaga, setiap kali habis makan, bersihkan mulutnya dengan sikat khusus.
  1. Giginya mulai tumbuh. Bayi menjadi malas makan, lebih rewel di malam hari karena gusinya sakit dan mengeluarkan banyak air liur. Lakukan sentuhan (pijatan ringan) di daerah mulut agar bayi lebih nyaman.
  1. Ada bekas ‘merah-merah’ di seputar mulut dan pipi. Segera setelah menyusui, bersihkan seputar mulut dan pipi bayi dari bekas-bekas susu dengan air bersih dan lap agar kering.
  1. Hidung tersumbat. Gunakan krim penghangat khusus untuk bayi. Oleskan ke dadanya namun bila kulit bayi sensitif, oleskan di bagian luar kaus dalamnya sehingga tidak langsung ke kulit.

 

  1. Agar tidak mengalami dehidrasi, berikan minum yang cukup. Jika masih minum ASI, sering-sering susui. Bersihkan lendirnya dengan sapu tangan kain yang lembut dan menyerap air.
  1. Bayi diare karena alergi susu sapi. Bila ia sudah mendapat makanan pendamping ASI, berikan makanan yang mengnadung susu kedelai. Periksa label makanan padat yang akan diberikan untuk bayi. Banyak biskuit bayi yang mengandung susu sapi, sehingga memicu alerginya.