5 Cara Menumbuhkan Minat Baca Pada Anak

Dengan banyak membaca, maka akan semakin banyak ilmu dan pelajaran yang bisa didapatkan anak. Berikut tips praktis yang bisa Anda lakukan untuk menumbuhkan minat baca pada anak:

pelajaran, nyaman, tokoh1. Bacakan buku bergambar. Selain dapat menumbuhkan minat baca, membacakan dongeng sebelum tidur juga dapat meningkatkan kedekatan Anda dengan anak.

pelajaran, nyaman, tokoh2. Peluk anak saat membaca. Pelukan dapat membuat anak merasa nyaman, sehingga dapat menyerap dengan baik setiap pesan yang terdapat dalam buku yang Anda bacakan.

pelajaran, nyaman, tokoh3. Hubungkan dengan kejadian sehari-hari. Saat membacakan buku, Anda dapat menghubungkannya dengan kejadian sehari-hari yang pernah anak alami. Hal ini dapat meningkatkan daya ingat anak, akan kejadian yang pernah dialami dan isi buku yang dibacakan.

pelajaran, nyaman, tokoh4. Jangan langsung menutup buku. Setelah selesai membacakan buku, sebaiknya Anda jangan langsung menutup buku dan mengakhiri kegiatan membaca. Cobalah ciptakan komunikasi lebih lanjut, misalnya dengan bertanya pendapat anak mengenai tokoh yang ada pada buku yang dibaca.

pelajaran, nyaman, tokoh5. Jangan malu untuk menirukan suara. Saat membacakan cerita, tidak perlu malu untuk menirukan suara tokoh yang menjadi karakter dalam cerita.