3 Posisi Bayi Dalam Kandungan

Ada beberapa jenis posisi bayi dalam kandungan, dalam istilah medis disebut posisi anterior, posterior dan sungsang. Posisi bayi dalam kandungan harus diketahui secara tepat. Posisi bayi akan mempengaruhi cepatnya sebuah proses persalinan.

  1. Posisi Anterior, sering juga disebut sebagai posisi bayi yang ideal, bagian kepala bayi berada di bagian bawah rahim dan menghadap ke arah tulang belakang sang Ibu. Posisi tersebut akan mempermudah proses crowningsehingga ia dapat dengan mudah dikeluarkan dari rahim saat proses persalinan berjalan. Pada saat bayi berada dalam posisi anterior, maka postur tubuhnya akan menyesuaikan lengkung panggul sang Ibu sehingga posisi anterior disebut sebagai posisi bayi terbaik yang dapat mempercepat proses persalinan.
  2. Posisi Posterior, kepala bayi berada di bagian bawah perut sang Ibu. Bagian belakang dan punggung bayi mengarah ketulang belakang sang Ibu. Letak tulang tengkorak bayi yang sangat berdekatan dengan tulang belakang sang Ibu bisa menyebabkan rasa kurang nyaman.
  3. Posisi Sungsang, pantat bayi terletak di bagian bawah rahim sedangkan kepalanya berada di bagian atas rahim.

atas rahim

Posisi bayi dalam kandungan akan menjadi kunci utama untuk ibu bisa melahirkan secara normal atau harus melakukan cesar karena ketika terjadi kelainan pada posisi bayi tersebut, proses persalinan cesar akan dilakukan, merupakan masalah yang sering kali terjadi pada ibu bayi. Sebagai ibu hamil yang cerdas dan tanggap, anda harus melakukan check secara rutin supaya bisa mengetahui posisi bayi dalam kandungan tersebut. Lakukan USG untuk mengetahui posisi bayi dalam kandungan.

jadwal tepat