11 Makanan Pelancar ASI

Selain dapat membuat tubuh sang buah hati menjadi lebih kuat dan sehat, ASI juga dapat mempererat ikatan emosi antara ibu dan anak. Bunda barangkali banyak mencari pelancar ASI alami guna meningkatkan pasokan ASI. Lalu, makanan apa saja yang dapat memperlancar ASI?
1. Daun Katuk. Cara memasak daun katuk cukup mudah. Bisa dibuat sayur bening dan dijadikan campuran pecel. Daun katuk mengandung papaverina, suatu alkaloid yang juga terdapat pada candu. Karena itu, konsumsi daun katuk secukupnya dan selingi dengan sayuran lain yang juga berkhasiat untuk memperlancar ASI.
2. Kacang Tanah. Selain dapat dijadikan camilan, kacang tanah diyakini mampu menstimulasi ASI. Untuk mengkonsumsi kacang tanah caranya juga relatif mudah. Cukup direbus untuk dijadikan camilan. Terkadang kacang tanah juga bisa dijadikan pelengkap sayur asam.
3. Kacang Hijau, mengandung vitamin B1, protein, fosfor, tiamin, mangan, magnesium, kalium dan asam folat yang dapat mencukupi kebutuhan protein dan energi ibu menyusui. Itu sebabnya, kacang hijau sangat disarankan untuk dikonsumsi.
4. Edamame. Untuk mengkonsumsi edamame cukup direbus dengan sedikit garam dan dijadikan camilan sehat.
5. Daun Pepaya. Karena memiliki rasa yang pahit, daun pepaya kurang begitu disukai. Padahal, daun pepaya mengandung berbagai zat yang bisa membantu memperlancar ASI, bisa dikonsumsi dengan cara ditumis.
6. Buah Pare. Buah pare bisa digunakan ibu menyusui yang menderita penyakit diabetes karena dapat menurunkan kadar gula dalam darah.
7. Buah Pepaya, mengandung vitamin A, vitamin C, asam folat, dan kalium, sangat baik untuk ibu menyusui.
8. Buah Semangka, memiliki kandungan vitamin A dan C, kalium serta asam folat. Kadar air yang tinggi pada buah semangka juga baik untuk memenuhi asupan cairan tubuh.
9. Jambu Air, kadar airnya cukup tinggi dan bersifat mendinginkan sehingga memberikan rasa menenangkan saat dimakan, bisa menetralisir rasa tertekan pada ibu pasca kelahiran.
10. Labu Siam. Kaya asam folat, vitamin C dan K, seng dan mangan. Baik untuk memenuhi kebutuhan asam folat.
11. Milkies Lactation Cookies. Selain terbukti efektif dalam meningkatkan ASI, pelancar ASI alami ini juga memiliki rasa yang enak.