10 Tahap Penting Perkembangan Bayi

  1. Anak tengkurap diawali dengan kemampuan memiringkan badannya ke kanan dan ke kiri, lalu ia belajar berguling di usia 1,5 – 2 bulan, dan mengangkat kepalanya dalam posisi tengkurap. Baru di usia 5 bulan ia bisa tengkurap sendiri.

5 bulan

  1. Mengangkat kepala.Di usia 2 bulan bayi Anda mampu mengontrol gerakan leher dan kepalanya, mulai menengadahkan kepalanya untuk mencari Anda bila mendengar suara Anda.
  1. Memekik gembira. Di usia 4 bulan ke atas, bayimengeluarkan suara dengan tujuan lebih jelas, adalah sarana untuk mengungkapkan perasaannya kepada orang-orang di sekelilingnya.
  1. Memegang dua benda di dua tangan.Di usia 4–5 bulan, kedua tangan anak semakin terampil. Di usia 7-8 bulan, keterampilan jari-jemari si kecil meningkat. Ia akan menggunakan tangan yang berbeda untuk tujuan berbeda. Perhatikan, bila satu tangannya memegang mainan kemudian tangan satunya diberikan mainan lain, ia tetap akan memegang mainan pertamanya namun tangan yang satu mengambil mainan yang Anda tawarkan itu.
  1. Tonggak perkembangan yang mengagumkan dari seorang anak adalah saat ia bisa duduk sendiri. Ketika otot-otot punggung dan lehernya sudah cukup kuat untuk menopang tubuhnya, ia belajar duduk. Sekitar usia 6 bulan, bayi Anda mencoba duduk sendiri dengan mengandalkan satu tangannya untuk duduk. Baru di usia 7 – 8 bulan  ia mengusai kepandaian baru yaitu dapat duduk sendiri dari tengkurap kemudian bangun sendiri dengan bantuan tangannya. Dengan kemampuan duduk ini, ia dapat meraih benda yang diinginkannya.

belajar duduk

  1. Usia rata-rata anak  belajar merangkak saat ia mulai dapat duduk tanpa bantuan di usia 7-8 bulan.
  1. Makan sendiri. Si kecil dapat meraih benda yang jaraknya sekitar 25 cm dengan kedua tangannya kemudian memindahkan benda dari tangan satu ke tangan lain. Ia juga senang memasukkan segala sesuatu ke mulut, dan dapat memegang dengan ibu jari dan telunjuk untuk mengambil makanan. Biarkan ia bereksperimen menggunakan sendok dan memasukkan benda itu ke mulutnya.
  1. Mengenal anggota keluarga, takut pada orang yang belum dikenal. Saat si kecil sudah mengenali anggota keluarganya di usia sekitar 6 bulan, ia mulai dapat membedakan wajah orang-orang dekat dalam  kehidupannya. Pada masa ini keterikatannya dengan orang yang dikenalnya  lebih berarti. Ia dapat melihat, mendengar dan mengingat orang yang dikenalnya. Di usia ini pula ia mampu mengamati wajah dengan seksama. Dari sini ia mulai berkenalan dan akrab dengan orang-orang terdekatnya. Tak heran di usia 9 bulan ke atas ia mulai sadar wajah orang-orang yang asing baginya.
  1. Di usia 8-9 bulan ia mulai bisa mengangkat tubuhnya ke posisi berdiri. Di usia ini kepandaian anak dalam belajar berjalan semakin baik. Jika Anda memegang kedua tangannya ia akan menapak dan mulai melangkah.
  1. Bicara . Di usia 2  tahun, ia dapat membentuk 2-3 kata menjadi satu rangkaian kalimat.