10 Perawatan yang Benar untuk Bayi Baru Lahir

Suasana rumah jadi hangat dengan tangis bayi baru lahir. Ketahui 10 cara perawatan yang benar agar bayi baru Anda menjadi bayi paling bahagia sedunia!
1. Pada minggu-minggu pertama, Anda tidak perlu menjadual jam makan bayi.
2. Pipis dan BAB bayi baru juga belum kenal jadual. Jangan tunda mengganti popoknya, agar bayi tidak menangis karena basah dan tidak nyaman. Amati juga air seni dan fesesnya karena keduanya bisa menjadi alat ukur kondisi bayi, misalnya, air seni yang terlalu kuning menandakan bayi kurang cairan. Feses bayi yang mendapat ASI ekslusif lebih lunak dan tidak terlalu berbau.
3. Saat udara panas dan bayi berada di ruangan non-AC, coba cek belakang leher bayi, jika terasa panas dan lembab, berarti dia kegerahan.
4. Kosmetika bayi banyak macamnya, ada baby bath, baby shampoo, baby oil, baby lotion, baby powder, baby cream, baby cologne dan hair lotion. Beralihlah pada kosmetika bayi yang bebas bahan kimia karena bisa mengiritasi kulit bayi.
5. Ajak bayi bercakap-cakap, beri pelukan dan ciuman.
6. Penting menciptakan lingkungan yang nyaman bagi bayi. Anda bisa melakukan fogging di rumah beberapa hari sebelum bayi hadir. Tidak dianjurkan menggunakan obat pembasmi serangga di kamar bayi karena racunnya bisa menempel di barang-barang bayi.
7. Mainan bergerak dan berbunyi yang digantung di tempat tidur akan merangsang indra penglihatan dan pendengaran bayi. Rattle, mainan genggam yang berbunyi jika digoyang, juga menghibur dan melatih indra bayi. Dan, tentu saja tidak ada yang lebih menggembirakan bayi dibanding saat ia bermain dengan ayah dan ibunya.
8. Ritual tidur bisa membantu bayi tidur lebih cepat dan berkualitas. Tahapannya, mandikan bayi dengan air hangat yang sudah ditetesi baby bath, pijat bayi dengan baby oil, setelah itu ciptakan suasana tenang di kamar tidurnya.
9. Saat sakit, bayi akan rewel dengan tangis yang tidak biasa.
10. Bayi memang menggemaskan, tetapi, perlakukanlah dia sewajarnya.

Suasana rumah