10 Fakta Unik Tentang Anak Kembar

Membayangkan anak kembar terkadang membuat kita jadi pengen punya anak kembar, hehehe. Dibalik semua kemiripan mereka, ternyata tersimpan sejumlah fakta yang menarik!

1. Fingerprints mereka yang awalnya sama, akan berubah setelah minggu ke 6-13 kehamilan.

2. Kalau diperhatikan dengan seksama, ternyata ada perbedaan anak kembar yang satu dengan yang lainnya. Biasanya, mereka punya jenis rambut yang berbeda tuh, walau nggak beda banget. Yang satu rambutnya keriting, yang satu lagi rambutnya tidak terlalu wavy.

3. Di minggu ke 18 kehamilan, mereka udah sering berinteraksi saudara kembar yang lain, menghabiskan lebih banyak waktu membelai satu sama lain dari diri mereka sendiri, dan berhati-hati ketika menyentuh daerah sensitif saudara kembar mereka. Hal ini yang biasanya membuat anak kembar agak susah untuk dipisahkan. Biasanya mereka saling gelisah kalau berada di tempat yang berbeda dan akhirnya jadi saling cari.

4. Yang biasanya terjadi, anak kembar memiliki kepribadian dan talenta yang unik serta selalu ingin saling melengkapi. Misalnya, yang satu pintar di bidang akademik, yang lain lebih jago di olahraga.

5. Ada beberapa sekolah yang menerapkan peraturan standar bahwa anak kembar tidak boleh ditempatkan di kelas yang sama. Yang jelas, orang tua yang memiliki anak kembar harus mempertimbangkan dan mengevaluasi pemilihan sekolah yang bisa memajukan kemampuan tiap-tiap anak, termasuk dinamika hubungan dan individu gaya belajar anak. Caranya, kenali kebutuhan dan kepribadian anak kembar Anda, juga hubungan mereka berdua. Apakah ingin sekolah di tempat yang sama atau yang berbeda?

6. Anak kembar memiliki “bahasa kode” yang tidak dimengerti orang luar selain mereka sendiri.

anak kembar

7. Kehamilan kembar sangat mungkin terjadi pada pasangan yang memiliki keturunan kembar. Pada kasus ini terjadi pematangan dan pelepasan sel telur lebih dari satu yang kemudian dibuahi lebih dari satu sel sperma juga, hingga kehamilan kembar itu terjadi.

pematangan

8. Anak kembar ditafsirkan berbeda-beda, ada yang menganggap beban yang tidak diinginkan sedangkan yang lain sebagai “tanda unggul kejantanan ayah mereka,” kata The Economist. Sebuah catatan diberikan: bisa jadi wanita yang tangguh lebih berpotensi memiliki anak kembar.

9. Orang tua anak kembar 1% lebih sering bercerai daripada orang tua dengan anak tunggal.

10. Menurut Amanda Carpenter di Virologi, kembar identik sekali meninggalkan rahim dapat terkena bakteri yang berbeda, dan mikroba yang berbeda, sistem kekebalan tubuh mereka tidak identik sama sekali.

amanda carpenter