10 Cara Mengobati Sariawan Pada Anak dan Dewasa

Jumlah sariawan di mulut umumnya lebih dari satu. Jika hingga kini masalah sariawan yang Anda alami tak kunjung sembuh, berikut ini ada pilihan cara mengobati sariawan dengan melakukan perawatan dan minum obat herbal yang sudah lama membantu penderita lain yang mungkin kondisinya lebih parah dari Anda.
1. Yoghurt. Sariawan merupakan infeksi yang disebabkan bakteri sehingga Anda harus menujukan pengobatan pada titik sumber. Anda hanya perlu berkumur dengan yoghurt selama 30 detik. Banyaknya yoghurt yang dapat Anda konsumsi adalah dua gelas dalam sehari, jadwalkan tiap gelas diminum dalam rentang waktu yang cukup lama.
2. Asam borat, adalah senyawa kimia yang mudah larut dalam air, juga kerap dijadikan bahan pengawet dan pengering yang baik. Penggunaan untuk mengatasi sariawan bisa dilakukan dengan mencampur seperempat sendok teh asam borat ke dalam secangkir air, kemudian dijadikan obat kumur.
3. Air garam, dapat dijadikan obat kumur untuk meredakan sariawan.
4. Jaga mulut tetap bersih. Hal yang harus diperhatikan di sini adalah jangan sampai Anda menggunakan satu sikat gigi dengan anggota keluarga lain, jadi peringatkan mereka untuk tidak menggunakan sikat gigi yang Anda pakai.
5. Buatlah obat kumur sendiri. Campuran sedikit garam, cuka apel, dan air hangat dapat dijadikan obat kumur yang efektif untuk memusnahkan jamur. Ingat pula bahwa obat kumur ini harus Anda gunakan setiap hari hingga sariawan sembuh dan kempes. Cara mengobati sariawan ini termasuk perawatan rumahan yang mudah dilakukan.
6. Minyak kelapa. Pertama, Anda kumur-kumur dulu dengan air hangat. Kemudian oleskan minyak kelapa ke seluruh bagian mulut, terutama yang terdapat sariawan. Diamkan selama 10 – 15 menit, kemudian kumur-kumur lagi dengan air hangat.
7. Konsumsi makanan sehat. Dengan membudayakan pola makan dan hidup yang sehat serta seimbang, Anda akan berada pada puncak di mana tubuh benar-benar sehat dan kebal dari penyakit.
8. Minyak jarak dan susu hangat. Caranya dengan meneteskan satu sendok makan minyak jarak ke dalam secangkir susu hangat sebelum tidur malam. Pengobatan ini bisa Anda lakukan selama minimal satu minggu meski pada hari kedua sariawan sudah hilang. Tujuannya pertama untuk menjaga kelembaban bibir dan mencegah sisa bakteri penyebab sariawan berkembang lagi yang nanti memicu sariawan timbul kembali.
9. Baking soda. Cara mengobati sariawan dengan baking soda bisa diawali dengan mencampur 10 ml air dengan 1 sendok teh baking soda, kemudian aduk hingga berbentuk pasta. Poles pasta obat pada seluruh area mulut, kemudian diamkan sampai mengering, baru dibersihkan dengan cara berkumur. Baking soda juga cocok dijadikan obat sariawan untuk anak bayi karena tidak memberi efek samping yang membahayakan.
10. Ekstrak biji anggur. Cara mengobati sariawan ini bisa ditujukan untuk anak bayi di atas satu tahun. Pertama-tama, campurkan 10 tetes ekstrak biji anggur dengan 30 ml air destilasi. Kemudian oleskan ke mulut yang terdapat sariawan dengan kapas sesekali setiap jam.

masalah sariawan